Lomba Karya Tulis Step Up Generation (Sony Vaio)

VAIO Seri YB dengan Desain Penuh Gaya Siap Mewujudkan Kreativitas dan Optimisme Generasi Muda
Oleh, Untung Waluyo



Pendahuluan

            Lahirnya era teknologi merupakan hasil integrasi antara teknologi komputer dengan teknologi komunikasi. Dimana lahirnya era teknologi tersebut juga mempengaruhi peradaban manusia, hal ini menyebabkan pola pikir manusia terhadap teknologi berubah. Pada awalnya teknologi dipandang sebagai sesuatu yang tidak terlalu penting. Namun seiring dengan berkembangnya peradaban yang menuntut keefektifan dan efisiensi dalam kehidupan sehari-hari, manusia akan berusaha mencari sesuatu yang dapat mempermudah kehidupannya. Setelah mereka merasakan kehidupanya lebih mudah karena bantuan teknologi, mereka baru sadar akan manfaat teknologi. Perkembangan teknologi tersebut telah mengglobal mencapai ke hampir seluruh pelosok nusantara, untuk itu pemanfaatan teknologi secara tepat sangat diperlukan agar hasil pemanfaatan teknologi dapat dirasakan secara maksimal. Faktor utama agar teknologi dapat di aplikasikan secara tepat adalah penguasaan terhadap teknologi tersebut, skill sangat di butuhkan dalam implementasinya.
            Teknologi merupakan perkembangan suatu media / alat yang dapat digunakan dengan lebih efisien guna memproses serta mengendalikan suatu masalah. Masalah tersebut merupakan implikasi dari perkembangan peradaban manusia, tentunya masalah itu lebih kompleks dari masalah sebelumnnya. Sehingga dibutuhkan teknologi yang lebih mutakhir agar dapat menyelesaikan masalah yang berkembang. Dalam hal ini dituntut terciptanya alat teknologi yang memadai agar dapat mendukung faktor utama yaitu faktor penguasaan teknologi.
            Di bidang teknologi informasi dan komunikasi, perusahaan elektronik terkemuka Jepang, Sony Corporation yang di prakarsai salah satu cabang perusahaannya yakni PT. Sony Indonesia kembali meluncurkan produk terbarunya yaitu Sony Vaio YB ( VPCYB15AG/P ). Produk ini merupakan bagian dari Sony Vaio Y Series. Sony Vaio YB dinilai mampu menjawab tantangan era teknologi yang menuntut efektifitas dan efisiensi dalam proses perkembangan peradaban manusia. Sony Vaio YB mengincar segmen muda karena generasi muda merupakan generasi yang penuh semangat, energik, dan kreatif serta proaktif terhadap sentuhan inovasi dan akses kepada teknologi-teknologi baru. Sehingga membutuhkan teknologi yang mampu memfasilitasinya. Salah satu jawabannya adalah dengan hadirnya Sony Vaio YB tersebut.


Peran PT. Sony Indonesia

            Dalam hal peningkatan mutu dan kualitas para generasi muda, Sony Indonesia memberikan support penuh. Support tersebut dibuktikan dengan banyaknya produk Sony yang dihadirkan untuk tujuan peningkatkan produktivitas generasi muda. Selain produk, Sony Indonesia tidak jarang mengadakan event dalam rangka mewujudkan generasi muda berkarakter yang sangat di butuhkan oleh bangsa ini.
            Salah satu event yang sedang di adakan adalah program Step Up Your Life. Kegiatan ini mengkampanyekan tema : “Step Up Generation; Better Future is in Our Hand”. Harapannya adalah agar para generasi muda yang mengikuti event ini bisa menjadi Step Up Leader yang mampu melakukan perubahan lebih baik, lebih maju terhadap kehidupan mereka yang pada akhirnya mereka juga harus mampu mengajak generasi muda yang lain untuk mengikuti jejak mereka menuju kehidupan yang lebih baik dan lebih maju.
            Generasi muda sebagai agent of change tidak akan mampu menciptakan perubahan yang signifikan bila tidak didukung dengan sebuah sistem atau perangkat pendukung. Dalam event ini yang menjadi sistem atau perangkat pendukung adalah pihak Sony Indonesia sebagai pihak penyelenggara.


Peran Step Up Leader

            Seperti harapan di adakannya event Step Up Your Life oleh Sony Indonesia bagi para generasi muda yakni menciptakan para Step Up Leader dari kalangan generasi muda itu sendiri. Generasi muda memiliki semangat untuk berubah, semangat tersebut melahirkan kemampuan untuk menciptakan perubahan. Keinginan untuk menciptakan perubahan melahirkan sosok pribadi yang berjiwa optimis. Optimis untuk masa depan yang lebih baik dan gaya hidup yang lebih maju. Step Up Leader diharapkan menjadi motivator dan penggerak potensi serta dapat bertindak pro aktif dalam mempersatukan segenap potensi generasi muda yang ada di lingkungannya, sekaligus mengarahkan segala tindakan generasi muda agar dapat memberikan kontribusi positif.
            Para Step Up Leader dalam kehidupan sehari-hari harus mencerminkan jiwa seorang leader / pemimpin. Mengingat perannya sebagai agent of change sangatlah penting dan benar-benar dibutuhkan, maka kharisma seorang pemimpin tersebut dapat menjadi modal utama dalam menjalankan perannya. Para Step Up Leader juga di harapkan memiliki motivasi diri yang tinggi, kecakapan dalam berkomunikasi, wawasan luas, kemampuan mengembangkan pengaruh, kemampuan menggalang solidaritas serta kemampuan memecahkan masalah. Point-point tersebut sangat berpengaruh dalam mensukseskan kampanye “Step Up Generation; Better Future is in Our Hand”.


Faktor Penunjang

            Sony Indonesia merilis Sony Vaio YB ini bagi para pengguna yang menginginkan kepuasan dan kemudahan dalam menggunakan suatu produk teknologi. Untuk produk terbarunya Sony menggandeng AMD untuk di benamkan suatu teknologi terkini yakni teknologi New Vision AMD Dual-Core Processor E-350 (1.6 GHz). Di padu dengan AMD Radeon HD 6310 Discrete-Class Graphics menghasilkan performa grafis lebih maksimal. Sehingga Sony Vaio YB ini dinilai sangat serasi di sandingkan dengan para generasi muda yang mempunyi visi dan misi cemerlang.
           Generasi muda yang aktif memilki beribu macam kegiatan untuk mengembangkan kreatifitasnya memerlukan suatu produk teknologi berefisiensi tinggi dalam hal energi. Sony Vaio YB ini menawarkan solusi akan masalah tersebut, dengan sumber daya baterai yang sanggup bertahan selama 4 jam dalam kondisi pemakaian standar sangat menunjang aktivitas para generasi muda. Jika kurang puas Sony, juga menyediakan baterai opsional untuk Sony Vaio YB ini yang mampu bertahan 8 jam dalam kondisi pemakaian standar. Produk ini juga hanya memiliki berat 1,46 kg sungguh ringan sehingga kita tidak perlu merasa terbebani ketika akan membawa Sony Vaio YB ini kemanapun kita melakukan aktivitas. Point-point tersebut tentu saja memberikan mobilitas tinggi kepada para penggunanya.
            Didukung dengan sistem operasi Windows 7 Home Starter 32 bit, membuat performa kerja lebih terasa nyaman dan memuaskan ketika dijalankan. Dengan layar yang memiliki diagonal 11.6”, membuat Sony Vaio YB terlihat elegan dan penuh gaya. Walaupun ukurannya relative kecil, namun untuk masalah peforma kerja tetap maksimal. Di balut dengan warna-warni yang membuat hari-hari kita penuh semangat dan optimis. Yakni warna hijau, perak, dan merah muda, warna-warna yang menghiasi aktivitas para generasi muda.
            Untuk keperluan multimedia seperti memainkan video, musik, ataupun yang lainya. Pengguna tidak perlu repot menekan ini itu, cukup hanya dengan beberapa sentuhan pada panel sentuh contohnya untuk mem-pause / play musik, kita hanya perlu menggerakkan tangan ke bawah. Jika kita menggerakkan tangan ke kanan, ketika kita sedang menikmati rentetean lagu secara otomatis akan memutar lagu selanjutnya dan untuk memutar lagu sebelumnya cukup dengan gerakan tangan ke kiri. Sungguh sangat dimudahkan dengan diterapaknnya fitur motion gesture tersebut.
            Selama proses pemakaian, suatu teknologi pasti mengalami suatu masalah, untuk keperluan troubleshooting Sony Vaio YB mengaplikasikan fitur khusus berupa Vaio Care, fitur ini berfungsi untuk mengecek segala permasalahan yang ada sekaligus secara otomatis memperbaikinya, caranya hanya dengan menekan tombol Assist pada keyboard.


Kesimpulan

            Mampu mengikuti perkembangan teknologi sekaligus mengaplikasikannya adalah faktor penting untuk menjadi manusia berkompetensi di masa yang akan datang. Khususnya para generasi muda sebagai penerus peradaban haruslah mampu menguasai faktor penting tersebut. Mengingat peran generasi muda sebagai agent of change tidak akan mampu melakukan perubahan signifikan jika tidak di dampingi oleh sistem dan perangkat pendukung, maka adanya sistem dan perangkat pendukung sangatlah penting. Harapannya apa yang dilakukan oleh PT. Sony Indonesia untuk kedepannya lebih ditingktkan lagi dan semakin banyak sistem yang mengikuti jejak Sony Indonesia. Sehingga akan semakin banyak pula terlahir para generasi Step Up Leader dengan optimisme tinggi serta visi dan misi cemerlang.
            Sony Vaio YB adalah salah satu bukti nyata akan kerja keras sistem dan perangkat pendukung tersebut, kerja keras untuk turut serta mengembangkan produktivitas generasi muda negeri ini. Desainnya yang elegan dan penuh gaya di balut dengan warna-warni pemberi semangat, sebagai cerminan generasi muda yang cemerlang. Bobot yang ringan menjanjikan mobilitas tinggi kepada para pengguna. Fitur-fitur yang mempermudah penggunaan seperti fitur motion gesture. Hal tersebut tentu saja meningkatkan performa sebuah produk teknologi.


Spesifikasi Sony Vaio Seri YB ( VPCYB15AG/P )

Operating System
Operating System : Genuine Windows® 7 Starter 32bit (English Version)

Architecture
Processor Name : AMD Dual-Core Processor E-350 (1.6 GHz)*1
Chipset : AMD A50M Fusion Controller Hub
Cache Memory : 1 MB (L2 Cache)

Main Memory
Pre-installed/Max : 2 GB (2 GB x 1) DDR3 SDRAM (upgradeable up to 4 GB*2)

Hard Disk Drive
Hard Disk Drive : 320 GB*3 (Serial ATA, 5400 rpm)

Graphics
Graphics Accelerator : AMD Radeon™ HD 6310 Graphics

Display
Type : 11.6 inch wide (WXGA: 1366x768) TFT colour display (VAIO Display, LED backlight)

Interface
USB : Hi-Speed USB (USB 2.0) Type A Connector x 3
HDMI In/Out Connector : HDMI Out x 1
SD Memory Card Slot : SD memory card (SDHC compatible, Not support for copyright protection)

Wireless Connection
Wireless LAN Type : IEEE 802.11b/g/n*5
Bluetooth : Bluetooth® standard Ver. 2.1 + EDR

Camera
Front Side Camera : web camera (Resolution: 640 x 480, Effective Pixels: 0.3 Mega pixels)

Audio
Sound Chip : Intel® High Definition Audio

Battery Life
Bundled Battery : VGP-BPS21B Lithium-ion battery: up to 4.0 hours of use*7
Optional Battery : VGP-BPL21 Lithium-ion battery: up to 8.0 hours of use*7

Size
Dimensions (WxHxD) : 290 x 25-31.5 x 202.8 mm
Weight : 1.46 kg (including the supplied battery)


            Untuk informasi lebih lengkap mengenai spesifikasi Sony Vaio YB dan hal-hal lainnya, silahkan kunjungi situs ini : http://www.sony.co.id/product/vpcyb15ag
 

Rujukan

1. PT. Sony Indonesia, http://sony.co.id
2. Lomba Karya Tulis “Step Up Generation”, http://myvaio.sony.co.id/karyatulis

Post a Comment