Pembudayaan Pancasila pada Generasi Muda di Era Informatika

Memanfaatkan Perkembangan Teknologi Informasi sebagai Umpan Balik dalam Penyuluhan Pancasila

          Dinamika globalisasi membawa pengaruh besar terhadap tatanan kehidupan suatu bangsa. Pengaruh tersebut dapat berupa ideologi, budaya, ilmu pengetahuan dan teknologi. Jika diperhatikan dewasa ini perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi membawa pengaruh besar terhadap gaya hidup masyarakat. Gaya hidup berkaitan erat dengan kebiasaan berperilaku dan berfikir. Kebiasaan merupakan faktor utama terbentuknya budaya. Terlepas apakah berdampak baik atau buruk, jika budaya tersebut dibiarkan berkembang maka akan mempengaruhi ideologi yang telah ada dalam masyarakat atau bahkan dapat terlahir suatu ideologi baru.
          Perkembangan teknologi yang saat ini berkembang sangat pesat dalam masyarakat adalah teknologi informasi. Hampir semua orang sependapat bahwa teknologi informasi telah, sedang danakan merubah kehidupan umat manusia dengan menjanjikan cara kerja dan cara hidupyang lebih efektif, lebih bermanfaat, dan lebih kreatif. Sebagaimana dua sisi, baik danburuk, teknologi informasi juga memiliki hal yang demikian. Sebagai teknologi, keduasisi tersebut keberadaanya sangat tergantung pada pemakainya.
          Berdasarkan fakta-fakta diatas, jika dikaitkan dengan ideologi yang dianut Indonesia yakni pancasila. Maka akan muncul pertanyaan apakah nilai-nilai dalam pancasila yang selama ini menjadi pedoman hidup bangsa Indonesia terpengaruh perkembangan teknologi informasi? Untuk menjawab pertanyaan seperti ini, tidak serta merta dapat dijawab dengan jawaban terpengaruh atau tidak terpengaruh.Walaupun jawaban tersebut sudah disertai dengan alasannya.
          Melihat kenyataan dalam masyarakat, sebenarnya bukan pancasila yang terpengaruh oleh perkembangan teknologi informasimelainkan masyarakat itu sendiri. Memberi pengaruh baik atau buruk terhadap pancasila tergantung bagaimana masyarakatsebagai penganut ideologi pancasila menyikapi perkembangan teknologi informasi tersebut.
          Pesatnya perkembangan teknologi informasi memudahkan masuknya berbagai macam pengaruh dari luar, seperti informasi mengenai gaya hidup bangsa barat yang notabene gaya hidup bangsa barat bertentangan dengan nilai-nilai yang terkandung dalam pancasila. Jika hal tersebut dibiarkan akan menyebabkan nilai-nilai luhur pancasila dalam masyarakat terkikis bahkan habis tergilas budaya barat yang berkembang.
          Salah satu usaha untuk mencegah terkikisnya nilai-nilai luhur pancasila adalah dengan memupuk kembali nilai-nilai luhur tersebut dalam diri masyarakat Indonesia, hal ini dapat dilakukan melalui penyuluhan nilai-nilai pancasila bagi masyarakat yang tidak sedang berada dalam dunia pendidikan. Untuk masyarakat yang sedang berada dalam dunia pendidikan seperti pelajar dan mahasiswa, pengetahuan tentang pancasila bisa dimasukkan dalam kurikilum pembelajaran.Kendala terbesar adalah untuk penyuluhan kepada masyarakat umum yang sedang tidak berada dalam dunia pendidikan, maka hal ini perlu mendapatkan perhatian khusus mengenai metode penyuluhannya.
          Kenyataan nilai-nilai luhur pancasila dalam masyarakat terkikis akibat pesatnya perkembangan teknologi informasi seperti informasi mengenai gaya hidup bangsa barat, hal ini  menandakan masyarakat peka terhadap apa yang dibawa oleh perkembangan teknologi informasi tersebut. Dari fakta tersebut dapat diambil sebuah inisiatif untuk memasukkan informasi mengenai pancasila, seperti penyediaan artikel-artikel tentang pancasila. Sehingga proses penyuluhan pancasila kepada masyarakat secara umum dapat dilakukan dengan memanfaatkan perkembangan teknologi informasi itu sendiri sebagai medianya. Dengan metode seperti ini berarti menjadikan perkembangan teknologi informasi sebagai umpan balik terhadap kemungkinan dampak negatif yang dibawanya.
          Untuk penyuluhan secara langsung, bertatap muka antara penyuluh dan masyarakat. Kesuksesan penyuluhan pancasila kepada masyarakat secara umum memerlukan partisipasi aktif masyarakat itu sendiri, baik dalam bentuk pernyataan maupun kegiatan. Serta melalui program-program penyuluhan pembangunan yang efektif dan handal. Untuk itu maka kegiatan penyuluhan perlu dan harus ditangani oleh tenaga profesional dilandasi komitmen yang kuat dari berbagai pihak. Dalam hal ini subtansi keahlian dan kesungguhan bergerak serta bertindak dari para pelaku penyuluhan merupakan prasyarat.
          Dalam rangka meningkatkan profesionalisme para pelaku penyuluhan, perkembangan teknologi informasi harus dapat dimanfaatkan oleh bidangpenyuluhan sebagai alat mencapai tujuannya. Untuk itu, perlu didukung oleh suatukehendak dan etika yang dilandasi oleh keilmuan penyuluhan dengan dukungan berbagaipengalaman para praktisi penyuluhan di lapangan. Peran program pendidikan yangmempersiapkan tenaga ahli penyuluhan, seperti perguruan tinggi, Pusdiklat dan lembagapendidikan kemasyarakatan lainnya perlu mempersiapkan pelaku-pelaku penyuluhanyang mampu menyampaikan informasi dan mampu memotivasimasyarakat untuk melakukan tindakan yang tepat, sehingga tujuan dari pelaksanaan penyuluhan pancasila dapat tercapai.

Post a Comment