Refreshing Singkat bagi Freelancer


Dalam konteks pekerja kantoran, kita masih mengenal kata libur di kala akhir pekan, cuti tahunan, outing bersama rekan kantor, atau sekedar ngopi bareng di kafe sepulang kerja. Dengan kata lain, refreshing, penyegaran diri, istirahat dari berbagai kesibukan.
Sebagai freelancer, kita mau tidak mau harus menentukan sendiri kapan kita bisa melakukannya. Mungkin selintas terdengar mudah saja buat freelancer untuk berlibur, berhenti bekerja dan bersantai sejenak. Namun pada kenyataannya justru banyak freelancer yang mengeluhkan kurangnya waktu untuk refreshing karena proyek sedang banyak. “Nanti kalau libur ngambil proyek, malah gak ada pemasukan dong,” begitu kira-kira yang ada di pikiran.
Benar kan?
Di bawah ini ada beberapa usulan “liburan” yang singkat, tidak memakan waktu, dan yang penting juga, tidak memakan banyak biaya. Silakan dicoba.

Piknik di Taman.

Beberapa komplek perumahan biasanya memiliki taman kecil yang bisa dinikmati bersama. Siapkan minuman segar di termos, bawa makanan kecil sesuai selera, bawa buku bacaan ringan, selembar koran bekas ke sana.
Pilihlah saat di mana cuaca terasa cerah namun tidak panas menyengat. Cari tempat yang kira-kira nyaman untuk duduk. Gelar Koran, keluarkan bekal dan buku bacaan. Sila dinikmati.
Atau tidak perlu bawa buku bacaan dan bekal. Lakukan saja apa yang kita suka. Duduk-duduk sambil menikmati keriaan anak-anak di sana, misalnya. Menikmati angin sepoi-sepoi.
Tidak ada taman di dekat tempat tinggal? Bisa juga pergi ke taman kota. Kebun Raya Bogor, misalnya. Atau Taman Menteng, Jakarta.

Menonton Film.

Tidak perlu marathon di bioskop. Cukup menyewa film-film yang belum atau sudah pernah kita tonton di tempat penyewaan film, beli sebungkus kentang goreng, minuman kaleng. Goreng kentang sampai garing, taburi bumbu, leyeh leyeh nonton film sambil mengunyah kentang goreng dan minum minuman ringan.
Pilih film yang bisa membuat kita tertawa, membuat kita merasa rileks dan segar. Tidak suka film komedi? Ya pilihlah jenis film kesukaan kita. Hari ini adalah hari kita, manjakan diri kita.

Jadi Turis di Kota Sendiri

Kadang sebagian orang cenderung kurang berminat untuk mengunjungi tempat wisata di kota sendiri dengan berbagai alasan. Bagaimana kalau kita mulai hari ini? Kunjungi museum, taman bermain, taman kota, danau, atau apapun yang biasanya menjadi daya tarik wisata di kota kita.
Mungkin bisa ditambahkan dengan point satu di atas, piknik, supaya tidak pengeluaran tidak habis untuk jajan di sana. Biasanya makanan dan minuman di dalam tempat wisata lebih mahal kebanding di luar.
Yang paling penting dalam refreshing adalah, lupakan pekerjaan.
Fokuslah pada diri kita sendiri dan bagaimana menyenangkan diri kita. Ajak kekasih, sahabat, atau siapapun yang bisa membuat kita merasa rileks dan bahagia. Cobalah hal-hal baru.
Jangan turuti godaan untuk membawa laptop dan mencari tempat yang ada wifi. Matikan handphone Anda, atau setidaknya pindah ke mode silent untuk sejenak.

Post a Comment